Loading...

Struktur Atom

Struktur ATOM.  Atom adalah kata yang sangat populer dan banyak di dengar dalam berbagai sektor. Anda pasti pernah mendengar tentang bom Atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki saat perang kedua. Ada juga Prosesor Komputer Low end yang sangat populer, yaitu Intel Atom. Atau peralatan rumah tangga yang di berinama Atom padahal teruat dari plastik, seperti piring atom, gelas atom. Begitu populernya kata Atom di kehidupan sehingga siapapun pasti pernah mendengarnya. Lalu apakan Atom itu sebenarnya?

Atom adalah partikel paling kecil yang masih mempunyai sifat unsur. Menurut para ahli fisika, jari-jari suatu atom sekitar 3 – 15 nm (1 nm = 10-9 meter). Sampai sekarang belum ada alat yang dapat memperbesar atom sehingga dapat diamati secara jelas. Walaupun atom tidak dapat dilihat dengan jelas, para ahli dapat membuat perkiraan gambaran mengenai atom berdasarkan data eksperimen dan kajian teoretis yang dilakukannya. Perkiraan tentang gambaran atom tersebut dinamakan model atom. Itulah sebabnya mengapa model atom telah beberapa kali mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Teori atom pertama kali dikemukakan oleh John Dalton pada tahun 1803. Dalam teorinya, Daltom menyebutkan bahwa atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Dari teori itu di lakukan penelitian lebih lanjut sehingga kemudian diketahui bahwa atom ternyata terdiri atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi yaitu proton, elektron, dan neutron.

Proton, elektron dan Neutron yang merupakan penyusun atom itu disebut partikel subatom atau partikel dasar atom. Partikel dasar atom mempunyai muatan, yang dengan muatan itu ketiganya saling terikat.

Proton merupakan partikel subatom yang bermuatan positif, ditemukan oleh Eugen Goldstein pada tahun 1886.
Elektron merupakan partikel subatom yang bermuatan negatif, ditemukan oleh Joseph John Thomson pada tahun 1897.
Neutron merupakan partikel subatom yang tidak bermuatan, ditemukan oleh James Chadwick pada tahun 1932.

Lalu seiring perkembangan zaman, banyak sekali ilmuwan yang mempelajari tentang Atom dan merumuskan strukturnya. Dari sekian banyak Ilmuwan, di kenal 4 Ilmuwan yaang menciptakan model atom. Berdasarkan perkembangannya model atom di urutkan sebagai berikut:

Bagikan :
Loading...
Back To Top