Loading...

Model Atom Rutherford

Model Atom Rutherford. Penemuan teori atom Rutherford diawali dengan penemuan sinar radioaktif oleh Antoine Henri Becquerel. Pada tahun 1908, Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geigerdan Erners Masreden) melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas. Sebagian besar sinar alfa itu berjalan lurus tanpa gangguan, tetapi sebagian kecil dibelokan dengan sudut yang cukup besar, bahkan ada yang dipantulkan kembali kearah sumber sinar. Beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 1911, Ernest Rutherford mengungkapkan teori atom modern yang dikenal sebagai model atom Rutherford. Menurut Rutherford:

  1. Atom tersusun dari Inti atom yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif
  2. Semua proton terkumpul dalam inti atom dan menyebabkan inti atom bermuatan positif.
  3. Sebagian besar volume atom merupakan ruang kosong. Hampir semua massa atom terpusat pada inti atom yang sangat kecil. Jari-jari atom sekitar 10-10 m, sedangkan jari-jari inti atom sekitar 10-15 m.
  4. Jumlahproton dalam inti sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi inti, sedangkan atom bersifat netral.

Bunyi Teori Atom Rutherford

Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari percobaan tersebut, Rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan model atom rutherford yang menyatakan bahwa:

"Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif"

 Rutherford menduga bahwa didalam inti atom terdapat partikel netral yang berfungsi mengikat partikel-partikel positif agar tidak saling tolak menolak.

Bagikan :
Loading...
Back To Top