Loading...

Model Atom Dalton dan Dasar Teorinya

Model Atom Dalton. Model atom Dalton adalah sebuah teori atom modern asli yang dicetuskan oleh John Dalton, seorang ahli kimia berkebangsaan Inggris. Pada tahun 1803, John Dalton mengemukakan pendapatnaya tentang atom. Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum. Dasar hukum teori atom dalton adalah:





  • Hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier)


  • Hukum aperbandingan tetap (hukum prouts).


 Bunyi teori hukum daltonModel atom dalton didasarkan dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap. Teori atom Dalton dikembangkan selama periode 1803 - 1808 dan didasarkan atas tiga asumsi pokok, yaitu:





  1. Setiap unsur kimia tersusun oleh partikel-partikel kecil yang tidak dapat dihancurkan dan dipisahkan yang disebut atom. Selama mengalami perubahan kimia, atom tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan.


  2. Semua atom dari suatu unsur mempunyai massa dan sifat yang sama, tetapi atom-atom dari suatu unsur berbeda dengan atom-atom dari unsur yang lain, baik massa maupun sifat-sifatnya yang berlainan.


  3. Dalam senyawa kimiawi, atom-atom dari unsur yang berlainan melakukan ikatan dengan perbandingan angka sederhana.


Bunyi Teori Atom Dalton


Dari kedua hukum dan tiga asumsi pokok tersebutdiatas, Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom yang berbunyi sebagai berikut





  1. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi


  2. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda


  3. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen


  4. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

Bagikan :
Loading...
Back To Top