Loading...

Keunikan dan Keistimewaan Atom Karbon

Keunikan dan Keistimewaan Atom Karbon. Atom karbon mempunyai nomor atom 6, sehingga dalam sistem periodik, karbon termasuk dalam golongan IVA dan periode 2. Keadaan tersebut membuat atom karbon mempunyai keunikan dan keistimewaan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan atom-atom unsur lain. Berikut ini adalah beberapa keunikan dan keistimewaan atom karbon.

Keistimewaan an keunikan atom Karbon

Yang merupakan keistimewaan dan keunikan atom karbon antara lain adalah:

1. Atom Karbon memiliki 4 elektron valensi

Berdasarkan konfigurasi keenam elektron yang di miliki atom karbon di dapatkan bahwa elektron valensi yang di miliki oleh karbon adalah 4. Untuk mencapai kestabilan, atom ini masih membutuhkan 4 elektron lagi yang akan berikatan secara kovalen. Tidak ada unsur dari golongan lain yang dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak 4 buah dengan aturan oktet. Smile

2. Atom unsur karbon relatif kecil

Di tinjau dari konfigurasi elektronnya, dapat di ketahui bahwa atom karbon terletak pada periode 2, yang berarti atom ini mempunyai 2 kulit atom sehingga jari-jari atomnya relatif kecil. Hal ini menyebabkan ikatan kovalen yang di bentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen rangkap.

3. Atom karbon dapat membentuk rantai karbon

Keadaan atom karbon yang demikian menyebabkan atom karbon dapat membentuk rantai karbon yang sangat panjang dengan ikatan kovalen, baik ikatan kovalen tunggal maupun ikatan kovalen rangkap2 atau rangkap 3. Selain itu atom karbon juga dapat membentuk rantai lingkar atau siklik.

Referensi: BSE Kimia kelas X

Bagikan :
Loading...
Back To Top