Loading...

Sifat-sifat unsur Periode tiga dalam tabel Periodik

Sifat-sifat unsur Periode 3 dalam tabel Periodik. Unsur periode 3 adalah unsur-unsur yang menempati baris ke dua dalam tabel sistem periodik unsur modern. Unsur periode 3 terdiri dari Natrium (Na), Magnesium (Mg), Aluminium (Al), Silikon (Si), Fosfor (P), Belerang (S), Klorin (CL), dan Argon (Ar). Jembatan keledai untuk menghafal unsur-unsur ini adalah Nanti Mingu Ali Setiawan Pergi Sama-sama Celi Armadala. Unsur-unsur dalam periode tiga memiliki sifat yang khusus, yaitu:



Sifat-sifat Unsur Periode tiga (3)




  1. Unsur periode tiga memiliki Sifat reduktor yang semakin kekanan semakin berkurang. Artinya Na memiliki sifat reduktor yang lebih besar dariada Mg, dan Mg sifat reduktornya lebih besar dari Al. Begitu seterusnya...


  2. Sifat oksidator dari kiri ke kanan main bertambah. Diantara semua unsur peroide 3, Klorin merupakan oksidator terkuat.


  3. Sifat logam unsur periode 3 semakin kekanan semakin berkurang. Artinya Na, Mg, Al adalah unsur logam. Sedangkan P,S,Cl dan Ar adalah unsur bukan logam. Sedangkan SI yang terletak di tengah merupakan semilogam.


  4. Sifat asam unsur periode 3 dari kiri ke kanan semakin bertambah. HCl merupakan senyawa asam terkuat.


  5. Sifat basa unsur periode 3 dari kiri ke kanan semain berkurang.NaOH adalah senyawa basa  terkuat.


  6. Titik leleh dan titik didih unsur periode 3 semakin kekanan semakin tinggi.


  7. Kelektronegatifan dan energi ionisasi unsur periode 3 semakin kekanan juga semakin tinggi.


  8. Dalam unsur periode 3 Si memiliki titik leleh dan titik didih pling tinggi. Cl memiliki kelektronegatifan tertinggi, dan AR mempunyai energi ionisasi paling tinggi.

Bagikan :
Loading...
Back To Top