Loading...

Massa Atom dan Massa Molekul Relatif


MASSA ATOM DAN MASSA MOLEKUL RELATIF. Atom merupakan suatu partikel yang sangat kecil dan suatu hal yang tidak mungkin kalau kita menentukan massa suatu atom dengan cara menimbangnya menggunakan neraca atau timbangan. Bagaimanakah cara kita mengetahui massa suatu atom?

1. Massa atom relatif (Ar)Atom relatif dan massa relatif Sejak tahun 1961, setelah penemuan spektrometer massa, standar pembanding untuk penetapan massa atom relatif diganti dengan standar baru, yaitu massa 1 atom C-12 (=1 sma). Penetapan massa atom sebagai standar pembanding ini, disebabkan atom karbon merupakan atom paling stabil dibanding atom-atom lain. Setiap unsur terdiri atas beberapa jenis isotop, maka yang dimaksud dengan massa atom relatif (Ar) adalah perbandingan massa rata-rata satu atom unsur terhadap massa satu atom C-12. IUPAC (badan internasional ilmu kimia) menetapkan definisi mutakhir dari massa atom relatif sebagai berikut:


Massa atom relatif (Ar) unsur X

= Satuan massa atom (sma) =1/12 x massa 1 atom C-12
= 1/12 × 1,99268 × 10–23 gram
= 1,66057 × 10–24 gram

2. Massa molekul relatif dan massa rumus relatif (Mr)Massa molekul relatif (Mr) adalah perbandingan antara massa rata-rata satu molekul unsur atau senyawa terhadap massa satu atom C-12.  Dengan demikian, jumlah massa atom relatif (Ar) dari semua atom-atom penyusun molekul zat itu ialah
Mr zat X = ΣAr
Untuk senyawa ion, digunakan istilah massa rumus relatif karena senyawa ion tidak terdiri atas molekul melainkan ion. Massa rumus relatif juga dilambangkan dengan Mr. perhitungannya sama seperti massa molekul relatif.
Bagikan :
Loading...
Back To Top